LPPM Ipmafa dan Unisnu Perkuat Kerjasama Tingkatkan Kualitas Penelitian dan Pengabdian

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan dua dari tiga dharma perguruan tinggi, selain dari dharma pendidikan. Dalam pelaksanaannya dibutuhkan kerjasama berbagai pihak, baik dengan perguruan tinggi maupun dengan instansi lainnya. Atas dasar itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (Ipnafa) Pati menjalin kerjasama bidang penelitian dan pengabdian masyarakat dengan LPPM Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara.

Bentuk kerjasama tersebut dituangkan dalam Memorandum of Agreement (MoA) antar LPPM dua kampus berhalauan Ahlussunnah wal Jama’ah tersebut. Penandatanganan MoA dilakukan pada Kamis (2/12) siang di ruang meeting lantai 1 Ipmafa Pati oleh ketua LPPM Ipmafa, M. Sofyan Alnashr, dengan ketua LPPM Unisnu, Sisno Riyoko. Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Rektor Ipmafa bidang Akademik, A. Dimyati, beserta tim LPPM dari kedua kampus.

Dalam sambutannya, ketua LPPM Unisnu menegaskan pentingnya kerjasama terutama bagi kampus di wilayah pantura. “kita memiliki banyak kesamaan baik dari karakteristik kampus maupun wilayah sehingga kerjasama ini akan sangat penting bagi pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat khususnya di wilayah Jepara dan Pati”, ungkap Sisno. Ia juga menambahkan bahwa Unisnu berkomitmen untuk meningkatkan mutu kampus bersama dengan kampus lain di sekitarnya.

Sementara itu, Dimyati memaparkan jika era saat ini bukan lagi era kompetisi namun kolaborasi antar lembaga. Ia menjelaskan “sekarang kompetisi sudah tidak relevan, tetapi kolaborasi yang sangat dibutuhkan untuk kemajuan bersama”. “Apalagi Unisnu dan Ipmafa ini sama-sama kampus yang pernah dimotori oleh ulama kharismatik, KH. MA. Sahal Mahfudh. Tugas kita untuk meneruskan apa yang telah diperjuangkan Kiai Sahal”, imbuhnya.

Sofyan selaku ketua LPPM Ipmafa merasa terhormat dikunjungi oleh kampus yang seperti kakak kandung sendiri. “Unisnu ini kakak yang baik hati karena mengunjungi adiknya (Ipmafa) dan diajak maju bersama. Kita akan segera mengagendakan kunjungan ke Jepara untuk menindaklanjuti kerjasama ini”, terang Sofyan. Ia menambahkan, selain penelitian dan pengabdian perlu adanya kerjasama dalam peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal ilmiah. Ia berharap kedua kampus ini mampu saling tukar pengalaman dalam pengelolaan dan peningkatan kualitas publikasi ilmiah.

Acara ditutup dengan ramah tamah antara kedua belah pihak termasuk rencana kolaborasi penelitian, pengabdian, hingga mengagendakan KKN Kolaborasi bersama. MoA ini merupakan awal yang bagus dalam upaya membangun kampus Islam yang berkualitas serta bermanfaat bagi masyarakat. Ipmafa dan Unisnu dengan karakteristik khas masing-masing berpotensi menghadirkan perubahan ke arah yang lebih baik bagi civitas akdemika dan stakeholder. Semoga akan segera terealisasi kegiatan yang maslahah bagi semuanya. (MSA)

LPPM Ipmafa dan Unisnu Perkuat Kerjasama Tingkatkan Kualitas Penelitian dan Pengabdian LPPM Ipmafa dan Unisnu Perkuat Kerjasama Tingkatkan Kualitas Penelitian dan Pengabdian Reviewed by Pendidikan Autentik on 22:13 Rating: 5

No comments:

Theme images by sndr. Powered by Blogger.