Seminar Proposal Penelitian dan Buku Ajar 2021

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati menggelar seminar proposal hibah penelitian tahun 2021 pada Rabu 25/8 pagi. Tahun 2021 ini, tema penelitian internal IPMAFA yaitu "Tantangan Pengembangan Islam di Era New Normal". Acara yang bertempat di Aula 2 lantai 2 Ipmafa dihadiri oleh dua reviewer, yakni Kamilia Hamidah dan Inayatul Ulya, beserta seluruh kelompok pengusul.

Kegiatan seminar diawali dengan sambutan dari ketua LPPM IPMAFA, M. Sofyan Alnashr, dengan apresiasi terhadap kelompok yang telah mengirimkan proposal. "Hibah ini diberikan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di IPMAFA", ungkap Sofyan. Harapannya dari penelitian ini akan dihasilkan publikasi ilmiah dalam bentuk artikel jurnal hasil penelitian. Sofyan menambahkan, "hibah ini hanyalah pemantik supaya iklim meneliti dan menulis di kampus terus berkembang".

Sementara itu, Kamilia Hamidah selaku reviewer menilai proposal yang dikirimkan sudah cukup baik. Ia mengatakan "Seminar ini hanya untuk berdiskusi dan memperdalam kajian supaya hasil penelitian sesuai dengan proposal dan tema penelitian LPPM". "Yang perlu diperhatikan juga ialah luaran penelitian, jangan sampai setiap penelitian hanya berupa laporan tetapi juga luaran artikel jurnal", imbuh dosen yang aktif menjadi peneliti sosial ini.

Hal senada juga disampaikan reviewer lainnya, Inayatul Ulya. Ia menegaskan bahwa penelitian harus memperhatikan novelty dan kebermanfaatan sehingga tidak sia-sia. "Selain novelty, penelitian juga dikuatkan dengan kajian Pustaka terdahulu dan analisis menggunakan teori yang relevan", sambung dosen yang sedang persiapan promosi doktoral.

Selain proposal penelitian, kegiatan seminar ini juga menelaah hibah penyusunan buku ajar. Terdapat dua proposal buku ajar yang dikirimkan kepada LPPM. Ke depannya, buku ajar yang dihasilkan akan dijadikan referensi dalam perkuliahan. "Buku ajar yang lolos akan diterbitkan oleh Mafapress, penerbit dari IPMAFA yang terdaftar di perpusnas", demikian penjelasan Ketua LPPM.

Setelah seminar, LPPM IPMAFA akan mengumumkan proposal penelitian dan buku ajar yang lolos untuk diberikan dana hibah. Selanjutnya kelompok yang lolos harus menyelesaikan penelitian dan penyusunan buku ajar sesuai jadwal. Hibah ini akan terus dikembangkan supaya penelitian dan publikasi ilmiah terus meningkat.

(lppm)

Seminar Proposal Penelitian dan Buku Ajar 2021 Seminar Proposal Penelitian dan Buku Ajar 2021 Reviewed by Pendidikan Autentik on 21:26 Rating: 5

No comments:

Theme images by sndr. Powered by Blogger.