Ngaji Penelitian Kuantitatif Bersama Pak Priyo (1)



IPMAFA – (11/05) LPPM bekerjasama dengan Journal Islamic Review IPMAFA menggelar Forum Riset Ngaji Penelitian’ dengan fokus kajian penelitian kuantitatif bersama narasumber Drs Priyo MPd. Diskusi tersebut diselenggarakan sebagai upaya membangun kajian keislaman yang mendukung terciptanya iklim akademik kampus. Forum diikuti oleh sejumlah dosen IPMAFA dan pegiat penelitian dari berbagai lembaga.

Selama forum, Priyo menjelaskan detil konsep penelitian kuantitatif dari hal yang mendasar. Priyo memaparkan bahwa penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang paling simple, padat, terpercaya, tidak pernah berubah, hanya saja bermain dengan angka dan perkembangan statistik. Variable dalam penelitian kuantitatif dari awal sampai akhir bersifat tetap, berbeda dengan kualitatif yang bisa saja berubah. Interview dan dokumentasi dalam kuantitatif hanya digunakan sebagai pendukung saja karena yang terpenting pada angket yang harus valid serta realiable.

Selain itu, penting juga mencari rumusan masalah dengan landasan teori yang berkaitan dengan variable penelitian sebagai bekal instrumen lalu dituangkan dalam bentuk angket guna perumusan hipotesis. Selanjutya soal validitas ada di tangan responden yang dalam hal ini, uji validitas ada 2 macam cara yakni logical varidity dan empirical validity.

Forum diskusi penelitian seperti ini akan berlanjut dengan tema yang berbeda. Jika dalam forum ini mengangkat tema penelitian kuantitatif, dalam kesempatan lain forum riset akan mengangkat tema yang berbeda lagi sehingga wawasan dan keilmuan peserta semakin berkembang.

Ngaji Penelitian Kuantitatif Bersama Pak Priyo (1) Ngaji Penelitian Kuantitatif Bersama Pak Priyo (1) Reviewed by Admin on 16:59 Rating: 5

No comments:

Theme images by sndr. Powered by Blogger.