LPPM Ipmafa Tingkatkan Kapasitas Pengelola Jurnal

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (Ipmafa) Pati melalui Bilik Jurnal menggelar acara Workshop Tata Kelola Jurnal Berbasis Open Journal System (OJS). Acara yang berlangsung pada Kamis (17/2) dilaksanakan sejak pagi hingga sore hari bertempat di Balai Latihan Kerja (BLK) Ma’had Jami’ah Mathali’ul Falah.

Workshop ini diikuti oleh 20 dosen sebagai pengelola jurnal di lingkungan Ipmafa serta beberapa dosen yang bersiap menerbitkan jurnal sesuai keilmuannya. Peserta yang hadir adalah perwakilan dari program studi yang berencana menerbitkan jurnal sesuai prodinya. Narasumber dalam acara ini adalah M. Sofyan Alnashr, ketua LPPM Ipmafa Pati. Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor Ipmafa bidang Akademik, Dr. Ahmad Dimyati yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

Dalam sambutannya ia berpesan agar kualitas dan kuantitas jurnal di Ipmafa terus ditingkatkan terutama hasil penelitian dan pengabdian dosen harus dipublikasikan dalam jurnal. Ia menambahkan, “penilaian dalam akreditasi dengan standar 9 mewajibkan setiap dosen untuk menerbitkan hasil penelitian dan PkM di jurnal. Selain itu, banyaknya artikel yang disitasi juga menjadi bagian dari penilaian”. Oleh karenanya kampus mendukung penuh kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan penelitian, pengabdian, maupun publikasi ilmiah.

Kegiatan diawali dengan pemaparan tentang pentingnya publikasi jurnal secara terbuka di era sekarang. “saat ini, pengelolaan naskah artikel sudah dilakukan melalui OJS mulai dari submit, review, hingga publish. OJS memberikan kesempatan lebih luas terhadap tingkat keterbacaan sebuah artikel karena dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja”, demikian penjelasan Sofyan.

Pada sesi 1, peserta dikenalkan pada tata kelola OJS, sistem akreditasi, indeksasi, dan sitasi serta posisi publikasi bagi dosen di era sekarang ini. Beberapa istilah seperti Arjuna, Sinta, Moraref, Garuda, DOI, DOAJ, Scopus, WoS dijelaskan secara sederhana. Hal ini diberikan karena sebagian peserta masih belum memahami istilah tersebut.

Pada sesi kedua, Sofyan mengajak peserta melakukan simulasi pengelolaan naskah di OJS 3. Ada yang berperan sebagai author, editor, dan reviewer kemudian naskah disubmit hingga terbit. Semua tahapan ditampilkan dalam layar sehingga peserta bisa lebih memahami secara langsung.

Tindak lanjut acara ini ialah terbitnya jurnal baru di lingkungan Ipmafa yang saat ini baru memiliki 3 jurnal yaitu Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, Santri: Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, dan Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD. Ke depannya diharapkan akan lahir jurnal baru sesuai bidang keilmuan program studi. ***

LPPM Ipmafa Tingkatkan Kapasitas Pengelola Jurnal LPPM Ipmafa Tingkatkan Kapasitas Pengelola Jurnal Reviewed by Pendidikan Autentik on 20:00 Rating: 5

No comments:

Theme images by sndr. Powered by Blogger.