LPPM Dorong DPL KKN Membuat Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat


Tidak lama lagi, kuliah kerja nyata (KKN) tahun 2019 akan diselenggarakan yang diikuti oleh mahasiswa IPMAFA semester 6. Tepatnya nanti tanggal 22 Juli 2019, mahasiswa akan diterjunkan di dua wilayah Pati utara yaitu Kecamatan Dukuhseti dan Kecamatan Cluwak.

Bersamaan dengan itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM IPMAFA) mendorong dosen pembimbing lapangan (DPL) pada tiap wilayah garapan KKN agar juga membuat kegiatan pengabdian masyarakat yang harus dipublikasikan secara akademik. Oleh LPPM, program ini dinamakan kegiatan pengabdian dosen yang terintegrasi dengan kegiatan KKN (PDTK).
PDTK disosialisasikan langsung oleh Ketua LPPM IPMAFA, M. Sofyan al-Nashr, bersamaan dengan kegiatan pembekalan KKN pada DPL KKN tahun 2019 (25/6/2019).

Sofyan menyampaikan bahwa tugas DPL tidak hanya mendampingi KKN dan cukup hadir dalam beberapa kegiatan KKN seperti lokakarya mini, pelepasan, kunjungan dan penarikan. Lebih dari itu, paska kegiatan KKN, seorang DPL harus memiliki karya ilmiah dalam bentuk pengabdian masyarakat yang terpublikasikan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki beberapa bidang garapan yaitu pembelajaran dan pendampingan masyarakat, advokasi, pemberdayaan ekonomi, layanan masyarakat, penerapan wawasan teknologi tepat guna, serta kegiatan filantropi.


Untuk menunjang maksimalnya PDTK tersebut, IPMAFA melalui LPPM melakukan sosialisasi secara komprehensif terkait Juklak dan Juknis yang perlu dilakukan oleh DPL peneliti. Selain itu, kegiatan PDTK juga mendapatkan anggaran khusus dari kampus sehingga harapannya kegiatan dapat berjalan lancar dan optimal.
LPPM Dorong DPL KKN Membuat Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat LPPM Dorong DPL KKN Membuat Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Reviewed by Ipmafa News on 20:34 Rating: 5

No comments:

Theme images by sndr. Powered by Blogger.