Pentingnya Literasi Digital Dalam Pendidikan Anak


IPMAFA – (21/04) LPPM bekerjasama dengan Journal Islamic Review menggelar Research & Discussion for Lecturers dengan tema “Literasi Digital” dengan narasumber Direktur Peace Promotion IPMAFA, Kamilia Hamidah MA. Diskusi ini diselenggarakan sebagai kegiatan rutin dalam membangun kajian keislaman dan penguatan  iklim akademik di lingkungan kampus IPMAFA.
Dalam diskusi tersebut Kamilia memaparkan pentingnya orang tua melek digital  atau memiliki literasi digital. Hal itu disebabkan akselerasi informasi dan teknologi dewasa ini belum mencapai titik seimbang antara kesadaran masyarakat dalam menikmati dunia digital. “Ada cultural gap/digital divide yang dibarengi dengan percepatan informasi dan teknologi”, tuturnya.

Dalam data, peringkat Indonesia sebagai pengguna internet di dunia berada pada urutan ke 4, ntuk pengguna aktif mencapai 111 juta.  FB, twitter, instagram masih menjadi sosial media terfavorit. Sedangkan akses media online, untuk anak usi 17-24 tahun saja hampir 53,3%, terlebih generasi milineal mencapai 81,7%, dengan waktu selancar 8 jam 51 menit.

Era internet tersebut memunculkan sejumlah persoalan khususnya bagi orang tua dalam proses pendidikan anak-anaknya. Saat ini internet merupakan keniscayaan sehingga perlu disikapi secara bijak. Dihawatirkan bahwa anak sekarang mungkin bisa tahu lebih banyak tentang teknologi daripada orang tuanya. Ditambah lagi internet sering memberi informasi user-generated content, yakni informasi yang didapat tanpa melalui edit dan saringan.

Menghadapi perkembangan internet semacam itu, Kamilia berpendapat bahwa masyarakat ini harus bijak berinternet dan memiliki literasi digital yang diperlukan. Kamilia juga memberi tips agar pemanfaatan internet tidak disalahgunakan oleh anak seperti menghindari pemasangan jaringan internet di ruang pribadi/tertutup.

Para orang tua saat ini dituntut memahami perkembangan dasar dalam dunia online seperti setting parental safety, fungsi parental control dan filter dari konten negatif. Aplikasi yang bisa dipakai dalam hal ini adalah qustodio, zoodles, kakatu, norton family, dsb.
Pentingnya Literasi Digital Dalam Pendidikan Anak Pentingnya Literasi Digital Dalam Pendidikan Anak Reviewed by Admin on 19:44 Rating: 5

No comments:

Theme images by sndr. Powered by Blogger.